Kamis, April 25, 2024

Pemkab Pessel Targetkan 95 Parsen Masyarakat Miliki BPJS, Bupati: Prioritaskan Ibu Hamil Yang Akan Melahirkan

Must read

Pesisir Selatan, dutametro.com-Pemkab Pessel Targetkan 95 Parsen Masyarakat Miliki BPJS, Bupati: Prioritaskan Ibu Hamil Yang Akan Melahirkan. Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan setidaknya 95 parsen masyarakat di daerah itu memiliki jaminan layanan kesehatan di tahun 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Bupati Rusma Yul Anwar saat melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Istiqlal Kampung Gurun Panjang Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (1/4)

“Ya, untuk tahun ini (2023) setidaknya 85 parsen memiliki jaminan layanan kesehatan dan itu bisa berobat dimana saja. Dan ini di biayai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kita. Tapi ibuk – ibuk jangan sakit semua ya,”seloroh Rusma dihadapan para jemaah.

“Untuk itu kepada petugas pekerja sosial masyarakat (PSM) saya minta prioritaskan bagi ibuk – ibuk hamil yang akan melahirkan karena sehat mesti dimulai sejak dalam kandungan, sehingga angka bayi mati lahir dapat ditekan sesuai target. Dan untuk tidak menunda pemberian kartu kesehatan gratis,”bebernya.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan itu dihadiri Camat Koto XI Tarusan, Kabag Kesra Refri, Kabag Prokopim Vorzil Yandrison dan sejumlah Wali Nagari setempat.

Rusma melanjutkan target tersebut sejalan dengan visi-misi yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, yakni fokus terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan masyarakat sejahtera melalui optimalisasi potensi unggulan daerah.

Ia mengatakan pemerintah kabupaten mengalokasikan Rp38 miliar APBD 2023 untuk membayar iuran BPJS 65 ribu jiwa masyarakat kurang mampu. Jumlah itu naik 37 ribu jiwa dari tahun sebelumnya.

Dengan demikian pada tahun ini tercatat 85 persen dari 516 ribu jiwa total penduduk telah memiliki jaminan layanan kesehatan, meningkat dari tahun lalu yang 64 persen atau sebanyak 29 ribu jiwa.

“Nah, salah satu upaya menuju sumber daya manusia yang berkualitas itu adalah melalui sektor kesehatan,”tutupnya.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut Pemkab Pessel, menyalurkan bantuan sebanyak Rp20 juta rupiah untuk pembangunan Masjid Istiqlal, dan juga memberikan kartu BPJS bagi masyarakat yang tidak mampu. Humas

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article