Minggu, Mei 19, 2024

Pemkab Nias Gelas FPD Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2024

Must read

Nias, Sumatera Utara.dutametro.com.-Pemkab Nias Gelas FPD Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2024,Pemkab Nias gelar Forum Perangkat Daerah (Lintas Perangkat Daerah) dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Nias tahun 2024 bertempat di Aula Paroki St. Petrus dan Paulus Kecamatan Idanogawo. Selasa, 28/02/2023.

Sebagaimana ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD, Pasal 84 ayat 2 (dua) mengamanatkan bahwa Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah dibahas dengan Pemangku Kepentingan dalam Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah untuk memperoleh saran dan pertimbangan.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias, Jellysman B. Geya, SSTP., M.Si melaporkan bahwa maksud pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah adalah Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nias Tahun 2024 yang dilaksanakan sebagai wadah pertemuan antara perangkat daerah, delegasi kecamatan dan para pemangku kepentingan, terkait dengan usulan perencanaan pembangunan daerah yang telah disampaikan melalui musrenbang tingkat Desa dan tingkat kecamatan untuk diselaraskan dengan agenda pembangunan Kabupaten Nias tahun 2024.” ujarnya

Mengawali arahannya, Sekda Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H menerangkan bahwa Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah ini merupakan lanjutan dari Musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan, dimana dari Musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan telah diperoleh hasil verifikasi kecamatan atas usulan desa, yang kemudian akan diverifikasi tingkat Perangkat Daerah. Dalam rangka memverifikasi usulan kecamatan di tingkat Perangkat Daerah dimaksud, maka diperlukan saran dan masukan dari pemangku kepentingan, tahun 2023 ini merupakan Tahun ke-3 dalam agenda perencanaan pembangunan Tahun 2021-2026 dimana kita harapkan agenda tahun ke-3 ini dapat mendukung pencapaian misi pertama dari Trisakti Nias Maju. Agenda pembangunan yang menjadi fokus pembangunanan adalah “Transformasi Pelayanan Publik menuju masyarakat Kabupaten Nias Maju”. terang Samson Zai

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa Transformasi Pelayanan Publik menuju masyarakat Kabupaten Nias Maju merupakan salah satu agenda reformasi birokrasi di bidang penyelenggaraan pelayanan publik dimana Aparatur Sipil Negara diharapkan mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan masyarakat, ringkas dan memanfaatkan inovasi di bidang teknologi informasi untuk menciptakan terobosan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Mengakhiri arahannya, Sekda Kabupaten Nias Samson P. Zai berpesan agar semua Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dapat mengidentifikasi serta menyeleksi dengan baik setiap usulan pembangunan sehingga target strategis pembangunan daerah yang menjadi sasaran utama dapat tercapai, dan semoga forum ini memperoleh hasil yang bermanfaat untuk terwujudnya Visi “Masyarakat Kabupaten Nias Maju”. harapnya (KN/herman)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article