Jumat, Februari 23, 2024

Pemuda Peduli Lingkungan Gelar Dialog Publik

Must read

Taliabu, dutametro.com – Dialog Publik dengan tema “Penguatan Literasi Digital Ditinjau Dari Beberapa Aspek” digelar oleh Pemuda Peduli Lingkungan Maluku Utara (PPL Mal-Ut) di aula pertemuan Kantor Lama Bupati Taliabu pada selasa, (06/02/2024) dini hari.

Kegiatan PPL Maluku Utara kali ini menggandeng Pemateri dari Dinas Pendidikan Pulau Taliabu dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kepada peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA, SMK dan Pemuda.

Koordinator PPL Malut, Amirudin, M.Pd dengan judul Materi “Respon Pemuda Dalam Dinamika Perubahan Zaman” mengulas sejumlah masalah penting yang harus dihadapi dalam era digital saat ini.

Menurut Koordinator PPL Malut itu, hidup di era terbuka saat ini membutuhkan beberapa karakter diantaranya Rasional Inklusif dan Adaptif.

Hal itu agar pemuda mampu mengejar ketertinggalan tanpa mengabaikan aspek etika, moral dan validitas informasi guna mampu menopang kehidupan masyarakat, baik dari aspek ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Pulau Taliabu, Basiludin Labesi yang diwakili oleh Andri Permata membawakan materi “Infrastruktur Digital Dalam Pembangunan”.

Ia menggarisbawahi pentingnya pemahaman setiap orang dalam memanfaatkan media sosial dengan bijak untuk menghindari pelanggaran UU ITE.

Di Taliabu sendiri Kata Andri, memiliki 72 Tower BTS yang tersebar di 8 Kecamatan dan 71 Desa.

“Pemerataan jaringan ini memastikan akses internet merata sehingga mampu mendukung partisipasi masyarakat dalam era digital untuk pendidikan, pertumbuhan ekonomi, dan kesehatan yang lebih baik”, katanya.

Meski begitu, Dinas Kominfo Pulau Taliabu lanjut Andri, berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur digital serta mendorong kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan platform digital secara bertanggung jawab.

Jurnalis : Deni

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article