Minggu, Juli 21, 2024

Waket II DPRD Ini Ajak Masyarakat Pulpis Kreatif Manfaatkan Lahan Pekarangan

More articles

PULANG PISAU,dutametro.com.-Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau Sentot Siswanto mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau untuk memanfaatkan lahan pekarangan di rumahnya dengan menanam tanaman pangan lokal, seperti singkong, jagung, lombok, terong, buah-buahan dan tanaman lainnya.

Ia juga mengatakan, program diversifikasi pangan lokal merupakan salah satu langkah pemerintah dalam upaya untuk memenuhi ketersediaan pangan nasional. Dengan memanfaatkan pekarangan kosong, lanjutnya, masyarakat masyarakat bisa menanami tanaman seperti singkong, jagung, lombok dan tanaman lainnya.

“Lahan pekarangan lingkungan rumah kita bisa digunakan untuk menanam seperti singkong, jagung, sayuran, buah-buahan dan lainnya untuk cadangan ketahanan pangan kita,” ungkapnya, Rabu (08/05/2024).

Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau terpilih dari Dapil II Kecamatan Maliku dan Pandih Batu itu menambahkan upaya pemerintah dalam melaksanakan gerakan diversifikasi pangan lokal itu dalam rangka upaya mencegah terjadinya krisis pangan. Oleh karenya lanjut Sentot, pihaknya mengajak seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau untuk bersiap diri memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing untuk menanam ketela, sayuran, buah-buahan, kolam ikan dan lainnya.

“Di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau ini masih banyak lahan kosong, dan bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman singkong dan lainnya. Nah, Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait siap melaksanakan dan membina gerakan diverifikasi pangan lokal ini kepada masyarakat,” tandasnya.

Sentot Siswanto, juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Bumi Handep Hapakat untuk menjaga lingkungan wilayahnya masing-masing agar tetap aman dan kondusif.

“Juga menjaga lingkungan sekitar rumah agar selalu bersih dan rapi serta menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit,” tandasnya.(RIL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest