Kamis, Mei 30, 2024

Polres Pasaman Barat Giatkan Patroli Ke Perumahan Warga Cegah Pencurian di Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Must read

Pasaman Barat,dutametro.com.-Jajaran Polres Pasaman Barat melakukan kegiatan pengamanan rumah kosong (rumsong) yang ditinggal pemiliknya saat mudik dengan menggencarkan patroli harkamtibmas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445/2024.

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama periode mudik dan lebaran. Polri berharap masyarakat dapat dengan tenang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dengan perlindungan dari pihak Kepolisian.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik menjelaskan bahwa patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi terjadi nya tindak kejahatan terutama pencurian rumah kosong di pemukiman warga yang ditinggal mudik pada lebaran Idul Fitri tahun ini.

“Kami dari Polres Pasaman Barat, melakukan patroli dengan mengunjungi pos ronda ataupun posko-posko keamanan mandiri lainnya, yang bertujuan untuk mengimbau dan mengingatkan kepada para tenaga keamanan agar lebih waspada selama bertugas,” ujar Kapolres, Selasa (9/4) pagi.

Ditambahkan Kapolres, personel yang berpatroli juga melakukan dialog dengan petugas keamanan dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan, termasuk waspada terhadap kendaraan yang keluar masuk perumahan.

“Jadi, kami minta untuk masyarakat dan para tenaga keamanan agar mengetahui rumah warga mana saja yang ditinggal mudik. Kita juga sarankan untuk terapkan “one gate system” atau keluar masuk melalui satu pintu,” terangnya.

Selain itu, pihak Kepolisian juga memberikan imbauan kepada warga untuk melakukan patroli di rumah kosong. Masyarakat diimbau untuk melapor ke call center 110 jika menemukan adanya tindak kriminalitas.

Kapolres memerintahkan Kapolsek dan para bhabinkamtibmas untuk koordinasi dengan pemerintahan Nagari yang ada untuk mendata dan memetakan wilayah pemukiman ataupun komplek perumahan yang banyak ditinggal mudik penghuninya.

“Semua sudah didatakan, dan dari data itu baru kita fokuskan patroli secara masiv dan berkala. Dalam pelaksanaan patroli ini kami juga memerintahkan personel Polsek jajaran untuk melaksanakan kegiatan yang serupa dibeberapa titik perumahan yang dianggap rawan terjadinya tindak kejahatan,” terang Kapolres.

Bonsu salah satu warga di perumahan Pratama Griya Maksmur Jalur 32 Pasaman Baru mengucapkan terima kasih kepada petugas Kepolisian yang melaksanakan patroli dilingkungan warga guna mengantisipasi tindak pidana yang mungkin terjadi.

“Kami berterima kasih atas kegiatan patroli tersebut yang membantu meningkatkan keamanan wilayah saat Lebaran, kami berharap agar kerjasama antara pihak keamanan lingkungan dan Kepolisian terus berlanjut untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayah,” ujar Bonsu. (HumasResPasbar)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article