Jumat, Juli 19, 2024

Pj Walikota Hadiri Kegiatan Perayaan HUT Latina Ke 15 dan Pelantikan Pengurus LKAAM

More articles

 

Payakumbuh,Dutametro.com– Penjabat Wali Kota Payakumbuh Drs. Jasman, MM Dt. Bandaro Bendang, mendorong pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) 2023-2028 Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) untuk lebih memperkokoh kearifan lokal dan menjaga warisan budaya Minangkabau di daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan perayaan HUT ke-15 Kecamatan Latina sekaligus pelantikan LKAAM 2023-2028 Kecamatan Latina di Kantor Kecamatan setempat, Selasa (9/01/24).

“Selamat kepada pengurus LKAAM Kecamatan Latina, mari kita jalin kerjasama yang erat antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga adat untuk menciptakan kemajuan yang berkelanjutan di Kecamatan Latina,” kata Pj Wako Payakumbuh, Jasman.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus, Pj Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Lasta Jasman, unsur Forkopimda, Ketua LKAAM Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Ketua LKAAM Kecamatan Latina Syafrizal Dt. Damuanso Omeh, Ketua Bundo Kanduang Kota Payakumbuh, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat setempat.

Ia mengatakan bahwa LKAAM memiliki peran yang sangat signifikan dalam membantu pemerintahan dan meningkatkan kehidupan masyarakat.

“Melalui LKAAM, kita dapat memperkuat identitas dan warisan budaya kita. LKAAM juga akan menjadi penjaga tradisi, menyelenggarakan upacara adat, dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan adat,” katanya.

Selanjutnya Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pemilu yang semakin dekat, Jasman mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk LKAAM untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses berlangsung.

Menurutnya keberhasilan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan hasil dari kolaborasi dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat.

“Saya mengharapkan LKAAM dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan, memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi, serta memupuk semangat persatuan dan kesatuan,” katanya.

Pasa kesempatan itu, tak lupa Jasman juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan kota dengan bersama-sama memilah sampah.

“Kami juga meminta agar masyarakat membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan, sesuai dengan jadwal pengangkutan sampah yang telah diatur. Kebersihan kota merupakan tanggung jawab bersama, dan setiap tindakan kecil dari kita dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan,” ujarnya.Yon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest