Rabu, April 17, 2024

Banjir OKU Selatan Akibatkan Beberapa Rumah, Masjid dan Jembatan Rusak

Must read

Lahat, Dutametro.com – Akibat intensitas curah hujan lebat yang terjadi di wilayah Sumatera Selatan kemarin tak hanya menyebabkan luapan Sungai Lematang di Lahat, tetapi juga menyebabkan banjir di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Rumah, masjid, dan jembatan gantung rusak akibat musibah itu.

Diketahui peristiwa tersebut terjadi hampir bersamaan dengan yang terjadi di Lahat, Kamis (9/3). Akibat peristiwa tersebut mengakibatkan tiga rumah warga di Desa Sidoharjo, Kecamatan Buay Pemaca, OKU Selatan, hanyut terbawa banjir.

Disamping itu ada belasan rumah lagi yang rusak berat maupun ringan. Sementara masjid di desa itu juga rusak berat dan jembatan gantung hilang terbawa arus dan hanya tersisa seling.

Menurut informasi Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel M. Iqbal Alisyahbana mengatakan, bencana ini tidak menimbulkan korban jiwa karena warga setempat lebih dulu menyelamatkan diri setelah melihat kondisi sungai tinggi dari biasanya. Warga cepat mengungsi sebelum air menggenangi pemukiman mereka.

Disebutkan Iqbal, “Banjir akibat sungai meluap saat hujan deras,” ujarnya, Jumat (10/3).
Sementara pada peristiwa yang sama di Lahat kemarin juga menyebabkan puluhan rumah rusak berat dan hanyut. Terjangan banjir tersebut menghantam setidaknya tujuh kecamatan di Lahat.

Walaupun air sungai sudah mulai surut, namun hujan dengan intensitas sedang dan lebat masih berlangsung. Karena itu, warga diimbau tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi banjir susulan.

Iqbal juga mengatakan, “Warga yang rumahnya rusak dan hanyut kami tampung di posko dengan persediaan logistik yang lengkap,” pungkasnya.(HA)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article