Minggu, Juli 21, 2024

UIN Imam Bonjol Padang Gelar Penandatanganan Pakta Integritas, Wujudkan 16 prodi UNGGUL

More articles

dutametro.com.-UIN Imam Bonjol Padang menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan good governance dengan menggelar penandatanganan Pakta Integritas. Acara ini berlangsung selama beberapa hari, dimulai dari tanggal 4 Maret hingga 13 Maret 2024, dan melibatkan seluruh Civitas akademika, termasuk Wakil Rektor I, II dan III, Kepala Biro, Dekan, Wakil Dekan, Tim Perencanaan, Ketua LP2M, dan Ketua LPM.

Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama yang dilaksanakan di Semarang pada tanggal 4-8 Februari 2024. Dalam sambutannya, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd, menekankan pentingnya komitmen seluruh pihak untuk mencapai target kinerja dan mewujudkan 16 program studi unggul di tahun 2024.

“Penandatanganan Pakta Integritas ini bukan hanya seremonial, tapi merupakan komitmen nyata kita untuk bekerja sama dan saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama,” tegas Prof. Martin.

Lebih lanjut, Prof. Martin menjelaskan bahwa poin-poin dalam Pakta Integritas ini mencakup komitmen untuk:

Memperkuat sistem pendidikan yang berspektif moderat.
Meningkatkan kompetensi dosen, partisipasi anak usia 19 dalam pendidikan, pemberian biaya pendidikan, kualitas pendidikan, kualitas lulusan serta kualitas penelitian dan pengabdian.
Meningkatkan standar mutu pendidikan.
Meningkatkan jumlah mahasiswa asing dan prodi berstandar internasional.
Memperkuat pembiayaan dan efektivitas pemanfaatan anggaran pendidikan, serta pengadaan barang dan jasa
Meningkatkan tata kelola yang efektif dan akuntabel.
Memperkuat sistem pendidikan yang berspektif moderat.
Meningkatkan standar mutu pendidikan dan jumlah mahasiswa asing.
Meningkatkan kualitas prodi berstandar internasional.
Meningkatkan Standar Mutu Pendidikan
Meningkatkan kualitas dan pemanfaatan penelitian.
Memperkuat Pendidikan Tinggi yang berkualitas
Poin Pakta Integritas Komitmen Kerja diatas harus dipenuhi dalam kurung waktu 9 bulan dan melaporkan progres capaian kinerja secara berkala per 3 bulan.

Pakta Integritas UIN Imam Bonjol Padang: Komitmen Menuju Universitas Unggul

Senin, 4 Maret 2024: Fakultas Adab dan Dakwah menjadi pionir dalam penandatanganan Pakta Integritas di UIN Imam Bonjol Padang. Rektor, Biro, Dekan, wakil dekan, dan Tim Perencanaan hadir dalam acara ini. Pakta Integritas memuat poin-poin penting seperti komitmen untuk mencapai target kinerja dan mewujudkan program studi unggul.

Selasa, 5 Maret 2024: Giliran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Saintek yang menandatangani Pakta Integritas. Rektor, Dekan, Wakil dekan, dan tim terkait berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di kedua fakultas ini.

Rabu, 6 Maret 2024: Fakultas Tarbiyah mengikuti langkah dengan menandatangani Pakta Integritas. Dekan, wakil dekan, dan tim terkait menyatakan komitmen untuk meningkatkan kualitas lulusan dan memperkuat moderasi beragama di lingkungan fakultas.

Kamis, 7 Maret 2024: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) menandatangani Pakta Integritas. Dekan, wakil dekan, dan tim terkait berkomitmen untuk memperkuat penelitian dan publikasi ilmiah di bidang keagamaan.

Jumat, 8 Maret 2024: Penandatanganan Pakta Integritas berlanjut dengan Wakil Rektor II, III, Ketua LP2M, dan Ketua LPM. Tim ini berkomitmen untuk mendukung program dan kegiatan UIN Imam Bonjol Padang dalam mencapai target kinerja.

Rabu, 13 Maret 2024: Hari terakhir penandatanganan Pakta Integritas dilakukan oleh Pascasarjana, Fakultas Syariah, dan WR I. Penandatanganan ini menandakan komitmen seluruh sivitas akademika UIN Imam Bonjol Padang untuk mewujudkan visi dan misi universitas.

Sebagai bentuk komitmen yang kuat, Pakta Integritas ini memuat poin yang menyatakan bahwa dekan dan wakil dekan harus siap mundur dari jabatannya jika tidak mampu melaksanakan program dalam sembilan bulan ke depan.

“Ini merupakan bukti bahwa UIN Imam Bonjol Padang tidak main-main dalam mewujudkan good governance. Kita ingin semua pihak bekerja dengan penuh integritas dan dedikasi untuk kemajuan universitas ini,” tegas Prof. Martin.

Untuk memantau pelaksanaan Pakta Integritas ini, akan dibentuk Tim Audit Pelaksanaan Pakta Integritas Komitmen Kerja. Evaluasi tahap pertama akan dilakukan pada bulan April minggu pertama. Tim Perencanaan juga siap membantu semua bagian dalam melaksanakan program dan kegiatannya dengan memfasilitasi revisi setiap bagian.

Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan langkah awal yang penting dalam mewujudkan UIN Imam Bonjol Padang yang unggul dan berdaya saing. Dengan komitmen dan kerja sama dari seluruh sivitas akademika, UIN Imam Bonjol Padang yakin dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest