Minggu, Mei 19, 2024

Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Pada Kabupaten Malang

Must read

Kabupaten Malang, Dutametro.com -Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Pada Kabupaten Malang. Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 dengan tema “Pengelola Keuangan Desa yang Akuntabel Dalam Rangka Peningkatan Untuk Transformasi ekonomi Desa Yang Berkelanjutan” di buka oleh Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, yang bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (9/11/2023) siang.

Dalam sambutannya Bupati Malang menyampaikan, “Selamat datang kepada seluruh pemateri yaitu Anggota DPR RI KOMISI XI, Ir. Andreas Eddy Susetyo, MM, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa – BPKP, Wasis Prabowo, S.E., M.M, Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan dan Mobilitas Spasial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Dr. Ir. Herbert H.O Siagian, M.Sc, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Taukhid, S.E., M. Sc.Ib., MBA,” ucap Bupati saat mengawali sambutannya pada acara yang dimoderatori oleh PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr Nurman Ramdansyah, S.H., Mhum.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Bupati atas kesediaan waktunya untuk berkunjung ke Kabupaten Malang, dan memberikan atensi terhadap penyelenggaraan pembangunan daerah, utamanya berkaitan dengan desa. “Semoga melalui pertemuan ini akan menjadi wadah komunikasi strategis yang mampu memberikan manfaat positif bagi kita semua, serta memperkuat sinergi sekaligus kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” tuturnya pada kegiatan yang juga menjadi forum dialog sejumlah camat dan kades yang hadir bersama narasumber.

Bupati Malang mengatakan, “Bahwa desa merupakan unit pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan menjadi sektor terdepan dalam pelaksanaan pembangunan daerah”.terangnya.

Untuk itu, “Pemerintah Kabupaten Malang juga terus memberikan atensi dan gencar dalam memberikan pembinaan, pendampingan, maupun pengawasan terhadap penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa, sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan desa yang terarah dengan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan. Untuk itu, pihaknya terus berupaya untuk mengembangkan pola pemberdayaan desa yang inklusif dan partisipatif, guna mendorong keterlibatan aktif masyarakat desa, baik untuk mencapai tujuan desa sebagaimana yang diharapkan, maupun dalam rangka menyukseskan agenda pembangunan secara keseluruhan.” terangnya.

Selanjutnya Bupati juga mengulas capaian desa-desa di Kabupaten Malang, “Alhamdulillah, berbagai upaya yang telah diupayakan kini telah mulai menunjukkan progres positif, dimana berdasarkan hasil pemutakhiran Indeks Desa Membangun Tahun 2023, dari 378 Desa yang ada di Kabupaten Malang, saat ini sudah terdapat 302 Desa Mandiri, dan 76 Desa Maju, dengan 375 Desa diantaranya, sudah berhasil membentuk Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes,” ujar Bupati Malang.

Untuk itu, Bupati Malang berharap kepada seluruh peserta agar benar-benar dapat mengikuti workshop ini dengan baik. “Jadikan momentum ini sebagai ruang untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber atau pemateri workshop, agar nantinya penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kabupaten Malang dapat berjalan optimal,” harap Bupati Malang.

(sG/tG)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article