Rabu, Oktober 4, 2023

Semarak Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kapolda Sumbar Perintahkan Anggotanya pasang Bendera Merah Putih

Must read

Sumbar,dutametro.com.-Semarak Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kapolda Sumbar Perintahkan Anggotanya pasang Bendera Merah Putih.Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH memerintahkan seluruh anggota di jajarannya untuk memasang bendera merah putih dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun 2023.

Bahkan, ia juga menginstruksikan agar kendaraan polisi yang berada di Polda Sumbar dan jajaran juga di pasangkan bendera.

“Saya putuskan kemarin seluruh mobil polisi harus berbendera merah putih. Seluruh rumah polisi dan keluarga polisi harus pasang bendera merah putih,” katanya usai melakukan Jumat Curhat di Mesjid Raya Sumbar, Jumat (11/8).

Ia menuturkan, sebagai anggota polri mengajak masyarakat untuk memasang bendera, apalagi momen yang dilakukan hanya setahun sekali dalam memperingati HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

“Dulu diperjuangkan dengan darah dan air mata, sekarang hanya membeli bendera bendera merah putih Rp 5.000-10.000 putih kok susah,” ujarnya.

Dirinya telah memerintahkan, jika kemarin saat anggotanya datang ke Polda harus membawa bendera merah putih yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh masyarakat.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh personel Polda Sumbar, dimana usai pelaksanaan shalat jumat di Mesjid Raya Sumbar, para jemaah diberikan bendera merah putih oleh personel.

Dijelaskan, bahwa bendera merah putih itu bukan hanya sekedar bendera, tetapi itu sebagai lambang persatuan bangsa.

“Ini didapatkan juga tidak dengan mudah, bahkan proklamatornya pak Hatta juga dari Sumatera Barat. Itulah yang harus kita hormati, hargai perjuangan para pahlawan untuk negeri ini,” terangnya.

Untuk itu, apa yang harus diperbuat dan dilakukan dalam rangka menjelang 17 Agustus pihaknya akan mengisi peringatan kemerdekaan tersebut.

“Dengan membangkitkan semangat para generasi muda ini untuk tetap NKRI harga mati, Pancasilais untuk nasionalis. Jangan sampai luntur itu karena dipecah belah,” ungkap Irjen Pol Suharyono.

“Jadi itu tidak hanya sekedar bendera merah putih, tetapi itu yakini untuk kebersamaan bahwa kita semua sebagai anak bangsa wajib menghormati bendera kita yang merah itu sampai ke titik penghabisan,” ungkapnya menambahkan.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Suharyono juga menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada salah satu wartawan dan juga seorang personel Polda Sumbar.(*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article