Kamis, Mei 30, 2024

Disaksikan Bupati, Polres Barru Gelar Simulasi Sispamkota

Must read

BARRU ,dutamerto.com.-Disaksikan Bupati, Polres Barru Gelar Simulasi Sispamkota.Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si bersama Kapolres Barru AKBP Dodik Susianto,S.IK menyaksikan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan Pengamanan Operasi Mantap Brata 2023 diwilayah hukum Polres Barru, yang diadakan di halaman GOR Sport Center Barru.
Sabtu (14/10/2023).

Kegiatan yang digelar Kepolisian Resor (Polres) Barru ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Polres Barru dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan Pemilu tahun 2024

Kegiatan Sispamkota selain dihadiri langsung Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh,M.Si yang didampingi Kapolres Barru AKBP Dodik Susianto,S.IK, juga turut hadir Ketua KPU Barru Abdul Safa, Danramil Barru Kapten Inf Basri mewakili Dandim Parepare, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama ,Kepala Kesbangpol,Kasatpol dan Damkar,PJU Polres Barru dan para Kapolsek.

Jalannya simulasi sebagaimana dilaporkan oleh Kabag OPS Kompol Ridwan, S.H,M.H kepada Bupati Barru, bermula adanya sekelompok massa yang tidak puas dan menduga ada kecurangan yang telah dilakukan oleh pihak KPU dalam Pemilu dan akan melakukan unjuk rasa (Unras).

Namun guna mencegah adanya korban atau kerugian yang diakibatkan aksi Unras maka Satgas Preventif dalam hal ini Subsatgas Pam Obyek melakukan pengamana didepan Kantor KPU.

Menyikapi adanya informasi Kapolres Barru untuk memerintahkan Subsatgas Pam melakukan himbauan kepada massa agar yang berunjuk rasa secara damai dan tidak menggangu ketertiban umum.

Dalam Simulasi tersebut, Tim Negosiator terlihat berupaya melakukan pendekatan agar pengunjuk rasa tertib .Namun massa tak menghiraukan himbauan itu bahkan melawan petugas dan bertindak brutal. Sehingga petugas melakukan tindakan terukur.

Akhir dari simulasi itu Polisi menangkap sejumlah yang diduga provokator yang menyebabkan massa anarkis sampai mencoba membakar gedung KPU serta merusak sejumlah fasilitas umum.

Simulasi ini menjadi tontonan menarik dari Bupati Barru beserta seluruh undangan yang hadir dalam simulasi tersebut. (Humas IKP/Anty)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article