Selasa, Juli 16, 2024

Raih Empat Penghargaan Provinsi, Kinerja Pemko Sawahlunto di Jalur Yang Benar

More articles

Padang, dutametro.com – Empat penghargaan tingkat Provinsi Sumatra Barat diraih Pemerintah Kota Sawahlunto. Empat penghargaan itu, yakni terbaik II Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2023, terbaik II pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting Tahun 2023, Pengarusutamaan Gender serta penghargaan atas kinerja dan komitmen dalam penurunan kemiskinan ekstrem Tahun 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Zefnihan menyebut, penghargaan ini menunjukkan kinerja Pemkot dalam membangun kota dan melayani masyarakat dinilai berada di jalur yang baik dan benar serta mulai membuahkan hasil
“Prestasi itu merupakan buah dari komitmen dan perjuangan seluruh jajaran perangkat daerah, instansi terkait dan dukungan masyarakat,” sebutnya usai menerima ketiga penghargaan itu secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, dalam kegiatan Musrenbang Provinsi Sumbar, di Hotel Pangeran Beach, Kamis (18/4/2024).

Pj Wako Zefnihan juga menyebut, semangat dan kebersamaan merupakan salah satu kunci yang dimiliki Sawahlunto dalam menghadapi berbagai keterbatasan dan hambatan yang ditemui dalam mengurus pembangunan, penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem. Kedepan lanjut dia spirit semangat dan kebersamaan ini kita pertahankan dan tingkatkan.
“Penghargaan ini merupakan bonus dan cerminan bahwa kita sudah bekerja dengan baik dan benar. Ini menjadi motivasi untuk lebih giat melaksanakan kinerja dan membuat inovasi, karena masih banyak yang bisa dicapai dan ditingkatkan. Kita tidak boleh lalai setelah dapat penghargaan, karena kerja belum selesai dan bakti pada masyarakat masih belum usai,” kata dia.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Sawahlunto Lelis Efriyenti mengatakan program inovasi yang diajukan Sawahlunto dalam penilaian penghargaan pembangunan daerah adalah Sawahlunto Ceria, yakni kegiatan membawa pelajar untuk belajar di luar ruangan kelas tepatnya dengan diajak ke destinasi wisata edukasi.
“Memanfaatkan kegiatan pembelajaran di luar kelas, dimana inovasi Sawahlunto Ceria membawa banyak manfaat bagi pelajar, destinasi wisata, UMKM, jasa transportasi maupun masyarakat sekitar. Terpantau sektor-sektor pariwisata dan UMKM mengalami peningkatan keuntungan setelah program Sawahlunto Ceria ini dimulai,” kata dia.

Sementara Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memberikan apresiasi atas prestasi dan penghargaan yang diraih Pemkot Sawahlunto itu. Dia menilai hal itu sebagai wujud kebersamaan pemerintah daerah bersama masyarakat dalam bergerak mengatasi keterbatasan.
“Pemprov Sumbar juga terus memonitor dan memberi dukungan dari berbagai sisi untuk Kota Sawahlunto, salah satunya dengan mensinkronisasikan banyak kebijakan/program dengan kebutuhan pembangunan kota,” ujar dia.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest