Jumat, April 26, 2024

Dengarkan Curhatan Pemudik Asal Jakarta, Kapolres Sragen Imbau Agar Pemudik Tak Berlama-lama di Rest Area

Must read

Polres Sragen ,dutametro.com. -Dengarkan Curhatan Pemudik Asal Jakarta, Kapolres Sragen Imbau Agar Pemudik Tak Berlama-lama di Rest Area.  Meninjau di pos pengamanan dan pelayanan rest area Tol 519 A Sragen, Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama mengimbau masyarakat yang mudik agar menyempatkan waktu untuk beristirahat jika sudah lelah menyetir kendaraan.

Namun demikian, untuk menghindari penumpukan di rest area dan potensi kemacetan, Kapolres Sragen juga mengajak agar para pemudik untuk tidak  berlama-lama berada di rest area.

Imbauan Kapolres hari ini ditujukan kepada para pemudik di rest area tol 519 A dan 519 B Sragen.

Hal itu seperti dikatakannya saat meninjau di pos pengamanan. Kepada kepala pos pengamanan (Kapos pam) AKP Suwarso, Kapolres menegaskan bahwa data yang disampaikan pihak JSN, bahwa rest area ini masing-masing berkapasitas parkir sebanyak 250 unit kendaraan saja, sehingga untuk menghindari penumpukan di rest area, dirinya lantas mengimbau agar Kapospam melakukan pendekatan humanis kepada para pemudik agar tak berlama-lama, dan segera melanjutkan perjalanan bila rasa lelah sudah terobati.

Terpisah, hal senada seperti dicurhatkan oleh salah satu pemudik asal Jakarta yang tengah beristirahat di rest area 519 A Sragen kepada tim media Polres Sragen.

Dia mengaku melihat rest area di wilayah sebelumnya sangat padat dikarenakan banyaknya pemudik yang memarkirkan kendaraan hingga di bahu jalan rest area, sehingga terjadi penumpukan yang membuat pemudik lain terpaksa tidak bisa beristirahat lantaran tak bisa memarkirkan kendaraannya.

“ Mungkin karena padatnya rest area, sehingga para pengendara itu beritirahat di bahu jalan. Mengganggu, akibatnya membuat macet kendaraan yang lain. Di ruas jalur tol sebelumnya, terjadi kepadatan arus, merayap karena banyak pengendara yang berniat beristirahat direst area, “ katanya.

“ Saya keluar subuh, jadi mungkin mereka sudah ngantuk sekali , tidak tahan ingin beristirahat, jadi langsung memarkir kendaraannya di bahu jalan, yang akibatnya mengganggu pemudik yang lain, “

Berawal dari mendengarkan curahatan pemudik itulah, Kapolres Sragen tak mau kecolongan, dan lantas melakukan langkah antisipasi agar para pemudik yang beristirahat di Sragen dapat nyaman dan aman.

Sementara itu, hingga sore hari ini meski terjadi lonjakan pemudik yang masuk ke rest area tol Sragen, namun masih bisa teratasi, para pemudik masih leluasa untuk mendapatkan area parkir untuk beristirahat, sekedar melepaskan kepenatan setelah menyetir yang rata-rata dari arah Jakarta menuju Surabaya Jatim.

AKP Suwarso berpesan agar mereka benar-benar memanfaatkan waktu beristirahat, sholat dan kembali melakukan perjalanannya setelah benar-benar siap, namun agar tidak berlama-lama di rest area untuk memberikan kesempatan pemudik lain untuk beristirahat.

Lanjut AKP Suwarso, untuk beristirahat yang lebih lama, para pemudik bisa keluar tol terlebih dahulu, kemudian beristirahat ditempat yang telah disediakan oleh jajaran Kepolisian seperti di pos exit tol Polres Sragen, disana telah di sediakan papan beristirahat yang nyaman, agar para pemudik bisa leluasa beristirahat.
Vio Sari
(Humas Polres Sragen Polda Jateng)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article