Jumat, Maret 29, 2024

Wakil Bupati Rudi Hariyansyah Launching Aplikasi Pessel Dalam Genggaman

Must read

Pesisir Selatan, dutametro.com-Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah melaunching Aplikasi Pessel Dalam Genggaman, sekaligus juga membuka acara seminar Data Statistik dan Perencanaan Pembangunan di gedung Painan Convention Center (PCC), Selasa (22/2).

Dalam acara launching aplikasi dan seminar tersebut, dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Herum Fajarwati, Assc. Proffessor in Development Studies Western Sidney University, Zulfan Tadjoeddin, Kepala BPS Kabupaten Pesisir Selatan, Yudi Yos Elvin dan Kepala Dinas Kominfo, Junaidi.

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah dalam sambutannya menyampaikan, lahirnya Perpres Nomor: 39 tahun 2021 tentang Satu Data Indonesia adalah sebuah peluang sekaligus tantangan yang harus disikapi dengan sigap untuk membangun sistem penyelenggaraan data yang memenuhi prinsip dasar sebuah data.

“ini tentu menjadi komitmen kita bersama yang harus dilaksanakan dengan kesungguhan. Saya berharap Aplikasi Pessel Dalam Genggaman ini betul-betul dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” harap wabup.

Lebih lanjut wabup menjelaskan, saat ini siapapun yang menguasai data, maka ia akan menjadi pihak yang memiliki keunggulan kompetitif di sisi pelayanan pemerintahan.

Data akan menjadi komoditas utama bagi pemberi layanan. Data yang akurat dan terintegrasi mendorong kemudahan dalam melayani, meningkatkan nilai sosial dan ekonomi, mendorong pemerintahan yang partisipatif dan meningkatkan efisiensi biaya.

Dijelaskan, adapun Aplikasi Pessel Dalam Genggaman ini menyajikan data-data statistik sesuai dengan prinsip satu data Indonesia. Data-data disajikan secara kualitatif, mulai dari data kependudukan, data pekerjaan, tingkat pertumbuhan ekonomi, data sosial, potensi yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan dan masih banyak lagi. Mc/ns

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article