Senin, Mei 13, 2024

Kota Sawahlunto Raih 4 Penghargaan Tingkat Provinsi Sumatra Barat Pj Wako Zefnihan : Spirit Kerja Nyata Untuk Masyarakat

Must read

Sawahlunto, dutametro.com – Kota Sawahlunto Raih 4 Penghargaan Tingkat Provinsi Sumatra Barat Pj Wako Zefnihan : Spirit Kerja Nyata Untuk Masyarakat.Kinerja Pemerintah Kota Sawahlunto dalam membangun kota dan melayani masyarakat dinilai berada di jalur yang baik dan benar serta mulai membuahkan hasil. Tak tanggung-tanggung Empat penghargaan tingkat Provinsi Sumatra Barat diraih kota ini.

Empat penghargaan itu, yakni terbaik II Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2023, terbaik II pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting Tahun 2023, penghargaan atas kinerja dan komitmen dalam penurunan kemiskinan ekstrem Tahun 2023, Piagam penghargaan atas pencapaian pelaksaan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender 2023 dengan hasil ‘ Sangat Memuaskan’.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Zefnihan menyebut, prestasi itu merupakan buah dari komitmen dan perjuangan seluruh jajaran perangkat daerah, instansi terkait dan dukungan masyarakat. “Dan penghargaan ini menunjukkan kinerja Pemkot dalam membangun kota dan melayani masyarakat dinilai berada di jalur yang baik dan benar serta mulai membuahkan hasil,” kata dia.

Empat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam L kegiatan Musrenbang Provinsi Sumbar, di Hotel Pangeran Beach, Kamis (18/4/2024) itu merupakan bonus dan cerminan bahwa kita sudah bekerja dengan baik dan benar. Ini sebut Pj Wako Zefnihan harus menjadi motivasi untuk lebih giat melaksanakan kinerja dan membuat inovasi, karena masih banyak yang bisa dicapai dan ditingkatkan.
“Kita tidak boleh lalai setelah dapat penghargaan, karena kerja belum selesai dan bakti pada masyarakat masih belum usai,” ungkap dia.

Pj Wako Zefnihan juga menyebut, semangat dan kebersamaan merupakan salah satu kunci yang dimiliki Sawahlunto dalam menghadapi berbagai keterbatasan dan hambatan yang ditemui dalam mengurus pembangunan, penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem. Kedepan lanjut dia spirit semangat dan kebersamaan ini kita pertahankan dan tingkatkan dalam kerja nyata melayani masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Sawahlunto Lelis Efriyenti mengatakan program inovasi yang diajukan Sawahlunto dalam penilaian penghargaan pembangunan daerah adalah Sawahlunto Ceria, yakni kegiatan membawa pelajar untuk belajar di luar ruangan kelas tepatnya dengan diajak ke destinasi wisata edukasi.
“Memanfaatkan kegiatan pembelajaran di luar kelas, dimana inovasi Sawahlunto Ceria membawa banyak manfaat bagi pelajar, destinasi wisata, UMKM, jasa transportasi maupun masyarakat sekitar. Terpantau sektor-sektor pariwisata dan UMKM mengalami peningkatan keuntungan setelah program Sawahlunto Ceria ini dimulai,” kata dia.

Sementara Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memberikan apresiasi atas prestasi dan penghargaan yang diraih Pemkot Sawahlunto itu. Dia menilai hal itu sebagai wujud kebersamaan pemerintah daerah bersama masyarakat dalam bergerak mengatasi keterbatasan.
“Pemprov Sumbar juga terus memonitor dan memberi dukungan dari berbagai sisi untuk Kota Sawahlunto, salah satunya dengan mensinkronisasikan banyak kebijakan/program dengan kebutuhan pembangunan kota,” ujar dia.(rki)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article