Hadapi Tantangan Kedepan, Kuliah Umum Dan Kajian Buku Pembiayaan UMKM di UNP Bahas Langkah Strategis

oleh -81 Dilihat

Padang, Dutametro – Kuliah umun dan bedah buku bertajuk Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang kamis (24/03/2022) adalah bentuk kepedulian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik lndonesia Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M.T., I.P.U. yang hadir secara virtual untuk memaparkan program pembiayaan dalam membangkitkan UMKM.

Dalam kuliah umum dan kajian buku pembiayaan UMKM, yang digelar UNP dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Penerbit Rajagrafindo Persada Jakarta menegaskan bagaimana langkah dalam menghadapi tantangan kedepan.

Dikesempatan tersebut, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D juga mengungkapkan bahwa melihat dari buku yang beliau tulis informasi informasi atau data-data yang termuat dalam buku itu sebenarnya sangat penting dan perlu kita sosialisasikan, karena ini juga menyangkut bagaimana pentingnya usaha mikro kecil menengah menjadi hal yang sangat strategis dalam menopang perekonomian kita”.

“Apalagi akibat terpaan covid-19 yang luar biasa dan kita merasakan bagaimana pengaruh menghadapi berbagai persoalan tapi alhamdulillah UMKM walaupun ada dampak dari Covid-19 ini, tapi mereka masih bisa bertahan. Hal tersebut tentu juga didukung oleh pemerintah melalui perekonomian melahirkan berbagai kebijakan dalam mendorong pertumbuhan UMKM ini kedepannya”. ungkap Ganefri.

Sementara, pada pengantar diskusi untuk kegiatan kuliah umum dan kajian buku oleh Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A. (Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan) menyampaikan bahwa mengingat peranan UMKM mengalami kesulitan selama pandemi terbantu karena adanya akselerasi dari menko”.

“Mengembangkan UMKM bukan dari satu sisi saja, tapi harus hadir pada penjamin yang membantu produksi maupun dari marketingnya, sehingga nanti Kita bisa berkembang seperti Jepang dan Korea Selatan, dan kita nanti bisa menjadi pemasok industri besar”, paparnya lagi.

Ditambahkan, “pemerintah juga telah menggulirkan program pembiayaan perlindungan sosial dan sebagainya. Pemerintah juga memberikan kebijakan restrukturisasi kredit agar beban para debitur bisa berkurang.” tegas Iskandar Simorangkir.

“Jadi pemerintah telah mengintegrasikan seluruh fasilitas pembiayaan untuk pemberdayaan UMKM. Sehingga dapat memicu upaya percepatan pemulihan ekonomi Nasional. Pemerintah juga memberikan beberapa perlindungan sosial seperti Banpres Produktif dan Kartu Prakerja yang dianggap akan meningkatkan enterpreneurship baru. dalam mendorong program kemitraan dan bina lingkungan serta CSR untuk UMKM yang menjadi tonggak Indonesia maju melalui UMKM”, tutupnya

Hadir pada agenda tersebut pimpinan Universitas, Fakultas, Jurusan dan Dosen-dosen Mata Kuliah Kewirausahaan di UNP, serta mahasiswa UNP. Sc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.