Jumat, Juli 12, 2024

Dipimpin Mendagri, Pj Wako Sonny Ikuti Upacara Hari Otonomi Daerah di Surabaya

More articles

SURABAYA, dutametro.com.— Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si bersama para gubernur, wali kota dan bupati se-Indonesia ikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah (Otda) XXVIII-2024 di Balai Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Kamis (25/4).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph.D bertindak sebagai inspektur upacara yang mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”.

Mendagri Tito dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Otda menjadi wahana memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran jajaran Pemerintah Daerah untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya dan lingkungan hidup.

Momentum Hari Otda ini, sebutnya, bisa menjadi sarana mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan model ekonomi yang ramah lingkungan. “Tujuannya, untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, penerapan otda dapat melahirkan kebijakan desentralisasi kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya secara lebih efisien dan berkelanjutan. Termasuk melalui transformasi produk unggulan dengan tetap memperhatikan potensi daerah.

Di samping itu, otda mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam konteks ekonomi hijau, Pemerintah Daerah dihadapkan pada hambatan dan tantangan dalam pembangunan daerah.

Di antaranya, penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, peningkatan layanan publik yang berkualitas melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sejalan dengan yang disampaikan Mendagri, Pj Wako Sonny mengatakan, Pemko akan terus melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi daerah. Langkah tersebut untuk meningkatkan nilai tambah sekaligus melakukan transformasi menuju pembangunan berkelanjutan. (harris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest