Kamis, Juni 13, 2024

Wabup Malang Ikuti Tradisi Syukuran Nelayan Dan Petik Laut Sendang Biru

Must read

Kabupaten Malang, Dutametro.com-Wabup Malang Ikuti Tradisi Syukuran Nelayan Dan Petik Laut Sendang Biru.Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, SH.MH menghadiri kegiatan Tradisi Syukuran Nelayan dan Petik Laut Tahun 2023, Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Rabu (27/9) siang. Beliau mengikuti serangkaian prosesi tasyakuran dan petik laut bersama warga Desa Tambakrejo dan nelayan Sendangbiru diawali dengan mengikuti kirab tasyakuran dan larung petik laut dengan menaiki perahu ke tengah laut Sendangbiru.

Tampak hadir dalam kesempatan ini, Kasatgas Sinergitas Pengembangan Kawasan Terpadu Nusantara BNPT, Laksma TNI Joko Sulistyanto, SH, MH serta Wandanlanal Malang, sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, dan Camat serta Forkopimcam Sumbermanjing Wetan.

”Hari ini adalah wujud rasa syukur kita petik laut adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, sehingga rasa syukur ini tidak hanya diwujudkan dengan suka ria namun di dalamnya juga teriring dengan doa. Dengan kehadiran para sponsor kegiatan petik laut ini bisa dikemas dikolaborasi bersama pemerintah Desa menjadi salah satu kegiatan yang layak jual bagi wisatawan dikelola dengan semaksimal mungkin dan sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan Ridhonya dan mengabulkan doa-doa kita semua. Meski berada di laut para nelayan juga tetap berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaannya,” ujar Wakil Bupati Malang dalam sambutannya.

Beliau lantas mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh warga Desa Tambakrejo dan nelayan Sendang Biru dan mengaturkan ucapan syukur kepada Allah SWT. Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Malang juga secara simbolis menyerahkan dokumen perizinan kapal meliputi ; PAS Kecil, Tanda Daftar Kapal Perikanan dan Buku Kapal Perikanan. Tak ketinggalan, Beliau memuji semua warga dan para nelayan yang berkumpul untuk menggelar tasyakuran dan petik laut yang sudah menjadi tradisi turun temurun dan diselenggarakan kesekian kalinya.

”Mudah-mudahan semuanya mendapatkan rezeki yang berlimpah, panjang umur diberikan kesehatan sehingga di tahun-tahun mendatang juga dapat menyelenggarakan kegiatan rutin tasyakuran dan petik laut ini lebih meriah. Selamat kepada warga Desa Tambakrejo dan para nelayan Sendang Biru yang mau menyelenggarakan kegiatan ini sebagai hasil atau wujud dari partisipasi, kerjasama dan gotong royong yang nilainya cukup besar Rp 637 juta. Kegiatan ini wujud rasa syukur dalam satu tahun kemarin seluruh nelayan diberikan penghasilan yang berlimpah oleh Allah. Kita semua berharap tangkapan para nelayan Sendang Biru bisa dua kali lipat atau lebih dibanding tahun ini. Amin,” harapnya sembari mendoakan.

Wakil Bupati Malang turut berharap, jikalau penghasilan tangkapan ikan para nelayan semakin tinggi, tentunya kegiatan petik laut Sendang Biru bisa digelar semakin meriah. Selain itu, para nelayan juga semakin tertib dalam mematuhi kwajiban atas administrasi kelayakan melaut sehingga proses kegiatan melautnya aman. Beliau juga mengingatkan pentingnya memproteksi diri sehingga Kepala Desa Tambakrejo bisa mendorong warganya atau para nelayan untuk mengikuti asuransi, maka ketika berlayar niat lillahi ta’ala ibadah namun keluarga istri dan anak di tinggal di rumah juga merasa aman.

”Selain itu silakan bergabung ke Koperasi Mina Jaya, karena koperasi ini dari panjenengan semua dari anggota untuk anggota Sehingga kebutuhan dasar para nelayan bisa juga terpenuhi. Insya Allah Pemerintah Kabupaten Malang juga senantiasa mendorong melalui kolaborasi antara pemerintah Kabupaten Malang dengan pemerintah provinsi Jawa Timur, seperti misalnya mendorong keberadaan cool storage sehingga bisa dimanfaatkan dengan cara menurunkan kelasnya,” pungkasnya. (sG/tG)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article