Sabtu, Februari 24, 2024

KPU Kabupaten Nias Gelar Simulasi Lanjutan Pemungutan Suara Pada Pemilu 2024

Must read

Nias,Dutametro.com.-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Gelar Simulasi Lanjutan pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi perolehan suara serta penggunaan sirekap pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dilaksanakan dihalaman Kantor KPU Nias. Selasa, 30/01/2024.

Ketua KPU Kabupaten Nias Elisati Zandroto mengatakan tujuan pelaksanaan Simulasi Pemilu 2024 ini untuk memantapkan kegiatan Pemilu 2024.

“Pada simulasi lanjutan ini kita mempraktekan berbagai cara-cara yang akan dilaksanakan pada hari H pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga proses pelaksanaanya menjadi mantap dan dapat terhindar dari kelalaian, pada giat ini kita melibatkan berbagai elemen Masyarakat dan seluruh stekholder terkait begitu juga dengan PPK, PPS dan KPPS serta Panwascam dan pengawas TPS.” ucap Ketua KPU

Pada pemilu 2024 kita ada 5 kotak suara yang berada di TPS yakni Calon Presiden RI, Calon DPR RI, Calon DPD RI, Calon DPR Provinsi dan Calon DPR Kabupaten/Kota, tempat Pemungutan Suara (TPS) itu harus dalam keadaan terbuka sehingga bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat, tetapi pada prosesnya pihak yang boleh memasuki TPS hanya diperbolehkan KPPS, Pengawas TPS, Pemilih dan Saksi. Kegiatan tahapan pemilu sudah mencapai tahapan yang krusial, yaitu tahapan kampanye dan pengesetan logistik pemilu, KPU Kabupaten Nias berencana akan mendistribusikan logistik kepada seluruh TPS melalui PPK yang dilaksanakan min 1 hari H Pemilu, kami berharap penyimpanan seluruh Logistik yang sampai di TPS bisa disekitar TPS agar bisa maksimal dalam pengamanan sehingga tidak timbul hal-hal yg tidak diinginkan.” tambah Elisati seraya membuka secara resmi pelaksanaan Simulasi lanjutan.

Anggota Komisioner Bawaslu Nias, Syawalman Karim Waruwu mengatakan kegiatan ini sangat penting

“Momen simulasi ini semoga dapat dipahami bersama, sehingga ketika hari H pelaksanaan Pemilihan tidak lagi mengalami kendala, pada kesempatan ini juga kita dari Bawaslu Nias telah menginstrusikan kepada seluruh jajaran untuk terus melakukan Monitoring guna mencegah berbagai kecurangan-kecurangan.” katanya

Mewakili Bupati Nias oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Nias, Foarota Laoli mengatakan Pemilu Tahun 2024 ini merupakan agenda Nasional.

“Pada pelaksanaan Pemilu 2024, dengan memberikan Hak Pilih berarti kita telah berpartisipasi dalam menentukan Nasib Pemerintah Republik Indonesia. Sebagai Pemerintah kami menghimbau kepada seluruh masyarakat termasuk ASN untuk tidak tergiur pada iming-iming yang ditawarkan, bertindak sebagai pemilih yang Netral, marilah melaksanakan pemilu ini dengan Damai dan bersih sehingga proses pelaksanaan Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan Sukses.

Selizaro Mendrofa sebagai Kordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Kabupaten Nias memaparkan teknis Simulasi pelaksnaan pemungutan suara.

“Pemungutan suara dimulai jam 07.00 Wib sampai dengan jam 13.00 Wib, secara teknis pada pelaksanaan pemilihan Hari H diprioritaskan atau diduluankan kepada masyarakat pemilih penyandang distabilitas, kemudian untuk masyarakat yang mengalami penyakit cacat seperti lumpuh, kepada KPPS boleh mengantar surat suara kepada yang bersangkutan dirumahnya dengan ditemani oleh pengawas TPS dan dengan catatan KPPS memiliki waktu luang ” urai Selizaro. (herman)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article