Selasa, Mei 21, 2024

Kapal Perang Klein Hollandia Belanda Abad Ke-17 Ditemukan di Inggris

Must read

Sussex, Dutametro.com – Sebuah bangkai kapal perang Belanda dari abad ke-17 ditemukan tenggelam di perairan Inggris. Kapal tersebut ternyata berisi harta karun yang cukup berharga.

Menurut informasi para peneliti menemukan kapal perang tersebut di lepas pantai Sussex, Inggris. Berdasarkan hasil identifikasi, diketahui kapal perang itu bernama Klein Hollandia.

Sementara kapal perang tersebut dibangun pada tahun 1656, kapal perang tersebut dimiliki oleh Angkatan Laut Rotterdam. Selanjutnya kapal itu terlibat dalam beberapa perang besar di masa itu, salah satunya adalah Perang Anglo-Dutch kedua yang terjadi antara tahun 1665-1667.

Adapun bangkai kapal Klein Hollandia ditemukan di kedalaman 32 meter. Sebelum diidentifikasi sebagai Klein Hollandia, bangkai kapal itu dikenal di kalangan penyelam sebagai ‘Unknown Wreck of Eastbourne‘.

Diketahui bahwa Klein Hollandia tenggelam pada tahun 1672 dan ditemukan kembali pada tahun 2019 oleh tim peneliti. Kemudian penemuan tersebut langsung dimasukkan ke dalam daftar benda purbakala yang dilindungi oleh Wrecks Act tahun 1973.

Selanjutnya Tim peneliti yang tergabung dalam Historic England, Nautical Archaeology Society dan Cultural Heritage Agency of the Netherlands (RCE) melakukan penelitian intensif terhadap bangkai kapal itu.

Maka hasilnya, mereka menemukan ada banyak peninggalan yang masih tersisa di dalam kapal tersebut. Diantara peninggalan itu berupa meriam, gerabah, guci dan pecahan keramik marmer Italia.

Diperkirakan keramik marmer itu diduga berasal dari pegunungan Apuan Alps di dekat kota Carrara, Italia. Selanjutnya menurut para peneliti, keramik marmer itu akan dikirim ke Belanda untuk digunakan di rumah-rumah orang kaya di sana zaman itu.

Menurut keterangan Mark Beattie-Edwards, CEO Nautical Archaeology Society yang memimpin ekspedisi itu, mengatakan “Penemuan dengan jumlah yang impresif berupa struktur lambung kayu kapal, meriam, ubin marmer yang dipotong dengan indah, serta temuan tembikar, semuanya menunjukkan bahwa ini adalah kapal perang Belanda dari akhir abad ke-17 yang kembali dari Italia,” ujarnya.(H.A)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article