Selasa, Juli 23, 2024

Sosialisasi Layanan Perpusnas dan Integrasi Data Keanggotaan SAKTI

More articles

Bengkulu, DM – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu menggelar Sosialisasi Layanan Perpusnas dan Integrasi Data Keanggotaan Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI), Senin lalu (03/05).

Sosialisasi Kartu Sakti yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 DPK Provinsi Bengkulu dan dihadiri oleh 40 DPK Kab/Kota, 14 Perpustakaan OPD, 12 Perpustakaan Desa, 10 Komunitas/TBM, 8 Perguruan Tinggi, 40 Sekolah (SLTP/SMA/SMK/MA), 6 Perpustakaan Instansi Vertikal dan 20 DPK Provinsi Bengkulu.

Kartu SAKTI merupakan kartu layanan perpustakaan dengan pelayanan terpadu berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kartu ini mengintegrasikan Layanan Perpustakaan Nasional RI dengan perpustakaan daerah sehingga anggota yang terdaftar di Perpustakaan daerah telah otomatis terdaftar sebagai anggota Perpustakaan Nasional RI.

Dengan adanya kartu SAKTI, yang terdaftar menjadi anggota perpustakaan Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Kabupaten/Kota yang sudah Terintegrasi bisa menikmati koleksi atau layanan yang ada di Perpustakaan Nasional manapun tanpa harus datang ke Perpustakaan Nasional langsung, baik itu buku fisik maupun buku elektronik. Jelas Kepala Dinas H. Meri Sasdi, M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi.

“Keberadaan Kartu SAKTI menjadi jembatan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu untuk bisa menikmati koleksi Perpusnas RI. Ini upaya nyata pemerataan akses bacaan bermutu hingga pelosok nusantara” tutup Kepala Dinas.

Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas RI Drs. Agus Sutoyo, M.Si dalam sambutannya menyebutkan Layanan Perpusnas RI dan integrasi Data Keanggotaan (SAKTI) sesuai dengan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penerapan Kartu Anggota Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan.

Kartu SAKTI diharapkan makin memudahkan akses bacaan bermutu bagi masyarakat daerah. Dengan demikian, upaya peningkatan minat baca dan memperkaya wawasan generasi penerus bangsa pun semakin terbuka lebar

Adapun Narasumber pada Kegiatan Sosialisasi ini yaitu Yuli Maryani, M.Si., Sutrilastio, SS., M.Hum dan Resti Fatmawati, S.I.Pust dari Perpustakaan Nasional RI. (tk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest