Kamis, Juni 13, 2024

Paramiliter RSF Klaim Kuasai Istana Presiden Dalam Upaya Kudeta di Sudan

Must read

Khartum – Sebuah upaya kudeta terjadi di Sudan. Sementara itu pihak paramiliter Rapid Support Forces (RSF) mengklaim telah menguasai istana kepresidenan dan bandara Khartoum.

Kemudian dilansir AFP, Sabtu (15/4/2023), bahwa klaim paramiliter RSF itu dibantah oleh tentara Sudan. Sementara dilaporkan sebanyak 3 warga sipil tewas dalam pertempuran antara paramiliter RSF dengan tentara Sudan.

Kemudian serikat dokter melaporkan adanya tiga kematian warga sipil, termasuk yang terjadi di bandara Khartoum. Menurutnya setidaknya 9 orang lainnya terluka.

Sedangkan ledakan aksi kekerasan terjadi dalam minggu-minggu ini seiring dengan perselisihan antara pemimpin militer Abdel Fattah al-Burhan dan orang nomor dua, komandan RSF, Hamdan Daglo. Diketahui Daglo berencana mengintegrasikan tentara RSF ke dalam tentara reguler.

Sementara itu pihak tentara Sudah mengklaim mereka telah melancarkan serangan udara dan “menghancurkan” dua pangkalan RSF di Khartoum.

Kemudian Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dia “sangat prihatin” dan mendesak kedua belah pihak untuk “segera menghentikan kekerasan”.(H.A)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article