Minggu, Mei 19, 2024

Buka Kegiatan Manasik Haji di Masjid Agung AR-Raudah,Begini Pesan Pj.Bupati Kepada Calon Jemaah Haji

Must read

PULANG PISAU,dutametro.com.-Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau secara Kontinyu selaku memberikan dukungan kepada calon jemaah Haji asal Kabupaten Pulang Pisau dengan memfasilitasi berbagai keperluan dan kepentingan calon haji ( Calhaj) sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah dan Madinah.

Salah satunya adalah kegiatan manasik Haji, sebagaimana diketahui manasik haji merupakan latihan atau simulasi pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan sebelum berangkat haji.
Kegiatan manasik haji ini merupakan bekal penting bagi setiap jemaah calon haji karena terkait dengan tata cara dan praktek amaliah pelaksanaan ibadah haji agar benar-benar sesuai dengan syariat Islam.

Penjabat Bupati Pulang pisau Hj.Nunu Andriani saat menyampaikan sambutanya pada acara pembukaan manasik haji di Masjid Agung Ar-Raudah Jl.Rey 2 Pulang pisau, Jumat 19 April 2024, mengatakan bahwa Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menjadi tugas pemerintah dibawah koordinasi menteri agama Republik Indonesia.

Mengingat Ibadah Haji berkaitan dengan aspek teknis dan agama, sehingga kegiatan operasional haji dilaksanakan seiraman dengan situasi dan kondisi kemasyarakatan karena perkembangan masyarakat yang semakin dinamis,kritis ,dan kreatif.

” Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke – 5 ( lima ) yang wajib dilakukan oleh umat Islam yang telah memenuhi kriteria dan memiliki kemampuan secara fisik, materi dan mental ” Ujar Nunu.

Dirinya menambahkan karena disamping menyangkut Kesejahteraan lahir dan Bathin jemaah haji juga menyangkut nama baik dan martabat bangsa Indonesia di luar negeri khususnya di Arab saudi sehingga kegiatan manasik haji sangat perlu dilaksanakan sebagai pengetahuan dan tata cara ibadah haji.

Lebih lanjut Pj.Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Pulang Pisau menaruh perhatian yang sangat serius khususnya bagi jemaah haji yang masuk daftar tahun ini agar secepatnya memperoleh ilmu pengetahuan tentang ibadah haji melalui Manasik haji yang di kordinasi instansi teknis Kementrian agama agar para jemaah benar-benar telah memiliki ilmu manasiknya.

” Saya berpesan kepada semua calon jemaah haji agar selain mengikuti manasik haji hendaknya para jemaah tetap menjaga kesehatanya, lakukan persiapan sedini mungkin sebelum hari keberangkatan ke tanah suci ” tukasnya.

Kegiatan pembukaan Manasik haji tersebut di hadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pulang pisau, Ketua MUI Kabupaten Pulang Pisau, Kepala Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau, Kapolres Pulang Pisau, Dandim 1011/KLK, Staf ahli Bupati , Para Kepala OPD dan tamu undangan lainya
( R)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article