Sabtu, Juli 13, 2024

Hari Peduli Sampah Nasional, Ini Pesan Kepala Dinas DLH Kabupaten Kediri

More articles

Kediri,dutametro.com.-Aksi “Grebek Sampah” sebagai upaya serius Pemerintah Kabupaten Kediri dalam menangani masalah sampah utamanya sampah plastik. Dengan manggandeng sejumlah komunitas seperti Forum Bahasa Kampung Inggris, relawan lingkungan dan para petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kegiatan bertempat di lapangan Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare.

Kegiatan yang mengusung tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”, merupakan sarana sosialisasi dan edukasi tentang pengelolaan sampah yang dilaksanakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2024 dan sekaligus memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1220.

Untuk menggugah semangat para peserta diawali dengan senam pagi dan dilanjutkan penandatangan komitmen bersama “Kediri Berbudaya Bersih” menuju Kampung Inggris bebas sampah. Kemudian, secara terpisah tim dibagi menjadi beberapa kelompok ada yang membersikan lapangan dan ada yang fokus membersihkan sungai.

Dalam sambutannya membuka acara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti mengatakan jangan sampai kegiatan ini hanya semata-mata sebuah gerakan, tapi bagaimana hal ini dapat menjadi perilaku kita sehari-hari.

Bayangkan saja, lanjut Putut, jumlah penduduk di Kabupaten Kediri 1,6 juta kalau masing-masing menghasilkan sampah setengah kilogram saja maka jumlah sampah yang ada mencapai kurang lebih 800 ton perhari.

“Jadi, mari kita bersama-sama mengatasi masalah sampah, memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, jangan sampai sampah-sampah tersebut dibuang sembarangan apalagi kesungai,” terangnya.

Putut menambahkan, dengan kegiatan ini bagaimana kita dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya bersih menuju Kabupaten Kediri dan khususnya Kampung Inggris bebas sampah.

“Dengan aksi nyata semacam ini, sampah akan dapat dikelola dengan baik dan dipilah sejak pada sumbernya,” terangnya.

Alhamdulillah, pada tanggal 5 Maret 2024 kemarin, Kabupaten Kediri melalui Kota Pare telah mendapatkan sertifikat “Adipura” dari Kementerian Lingkungan Hidup. Ini adalah langkah awal yang patut kita syukuri hasilnya dan harus bekerja lebih keras lagi untuk dapat meraih Piala Adipura.

Soal sampah menjadi atensi luar biasa dari Mas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, beliau selalu menekankan bagaimana pengelolaan sampah itu dari hulu sampai hilir, jadi tidak bisa salah satu sisi saja.

Ari Hakim, salah satu relawan grebek sampah dari Forum Bahasa Kampung Inggris menyambut baik kegiatan ini dengan melibatkan siswa siswi dari Kampung Inggris sebanyak 150 siswa.

“Hari ini fokus kita disekitar lapangan Tulungrejo dan sungai di sekitar Kampung Inggris dimana di wilayah ini sangat padat penduduknya. Kedepan, kami akan terus memberikan sosialisasi kepada warga agar tidak membuang sampai sembarangan,” tutupnya. (Ndi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest