Parade, Art Craft, Culture, Character, Exhibition Pesona Gondanglegi XI Tahun 2024

More articles

Kabupaten Malang, dutametro.com – Gelaran Parade, Art Craft, Culture, Character, Exhibition Pesona Gondanglegi XI Tahun 2024 resmi dibuka oleh Plt. Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto,SH.,M.H pada Sabtu (26/10/2024) pagi. Event ini dimulai dan ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Plt. Bupati Malang.

Kegiatan yang diikuti 41 tim penampil mengambil start dari Kampus STIE Widya Dharma Al Rifa’ie di Jalan Raya Ketawang, Kecamatan Gondanglegi dan rangkaian pertunjukan budaya tersebut akan berakhir di depan Bengkel Bachelor di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Gondanglegi.

Pada event yang sejatinya digelar rutin tiap tahun ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Malang, Camat dan Forkopimcam Gondanglegi, Para Kepala Desa se-Kecamatan Gondanglegi serta para peserta Gelaran Parade, Art Craft, Culture, Character, Exhibition Pesona Gondanglegi XI Tahun 2024.

Gelaran Parade, Art Craft, Culture, Character, Exhibition Pesona Gondanglegi XI Tahun 2024
kali ini mengangkat tema Kawicaksanaan Karya.

Tema tersebut menjadi fokus gelaran pada tahun ini. Panitia menetapkan tema tersebut untuk menekankan unsur kebijaksanaan dalam menghasilkan sebuah karya yang dilombakan. Tema tersebut dipilih untuk menekankan nilai-nilai kebijaksanaan dan kreativitas dalam menciptakan karya seni, serta budaya yang dapat memperkuat identitas lokal.

Kawicaksanan mengacu pada kebijaksanaan. Artinya, mengajak masyarakat untuk lebih menghargai dan memahami warisan budaya serta tradisi yang ada. Ini juga melibatkan penerapan kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari dan pengambilan keputusan yang berkelanjutan. Sedangkan karya,merujuk pada kreasi yang dihasilkan oleh masyarakat, baik dalam bentuk seni, kerajinan, maupun inovasi lainnya. Ini mencerminkan potensi dan keterampilan lokal yang perlu ditampilkan dan diapresiasi.

Pemerintah Kabupaten Malang menyampaikan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Parade, Art Craft, Culture, Character, Exhibition Pesona Gondanglegi XI Tahun 2024.

Di mana energi positif yang terpancar dari Parade, Art Craft, Culture, Character, Exhibition Pesona Gondanglegi XI Tahun 2024
ini, tentunya menjadi penyemangat bagi warga Kabupaten Malang yang tahun ini juga akan memperingati Hari Jadi ke-1264.

“Pesona Gondanglegi XI ini menjadi bukti nyata bagaimana konsistensi dan perjuangan anak-anak muda serta seluruh komponen masyarakat di wilayah Kecamatan Gondanglegi, dalam menggali potensi yang dimiliki sehingga mampu menghasilkan kreasi dan seni pertunjukkan yang menarik, sekaligus memiliki nilai jual yang tinggi. Harapannya semangat juang ini dapat menjadi motivasi bagi yang lainnya, agar Kabupaten Malang semakin dikenal masyarakat, sebagai barometer kreasi seni, dan kreativitas di Jawa Timur,” ujar Plt. Bupati Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati Malang tentunya akan selalu mendukung dan mendorong masyarakat agar ikut aktif dalam mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Malang. Hal ini penting untuk diupayakan bersama, karena kepariwisataan juga berkaitan dengan sektor lain, termasuk industri kreatif, UMKM, dan usaha jasa lainnya yang merupakan unsur pendukung pembangunan kepariwisataan.

“Saya berharap kedepannya akan ada kejutan lagi yang dihadirkan di Pesona Gondanglegi, sehingga nantinya semakin eksis, serta mampu menjadi wadah promosi pariwisata maupun potensi unggulan lainnya dari Kabupaten Malang,” harap Plt. Bupati Malang.

Plt. Bupati Malang Didik Gatot Subroto juga mengajak masyarakat untuk membangun dan memperkuat semangat kebersamaan dalam memobilisasi potensi kepariwisataan menjadi sebuah produk unggulan yang berkualitas. “Karena harus disadari bahwa pembangunan kepariwisataan bersifat multi-dimensi yang membutuhkan keterlibatan aktif seluruh pihak, baik Pemerintah, dunia usaha, swasta, komunitas, organisasi, dan juga masyarakat secara luas. Semoga hal ini dapat kita upayakan bersama, demi sukses dan majunya sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif di Kabupaten Malang,” tambahnya.

Pada Kesempatan berbeda, ditemui di kediamannya, Kepala Desa Ketawang, Andik Asyari. menyampaikan, “Sebagai lokasi pemberangkatan Event tahunan Parade, Art Craft, Culture, Character, Exhibition Pesona Gondanglegi XI Tahun 2024. Sangat mendukung perhelatan yang telah jadi icon Kecamatan Gondanglegi,” ucapnya

Dikatakan Andi, sapaan akrab Pemuda Ketawang itu, “Desa Ketawang sendiri juga turut memeriahkan perhelatan tahunan ini dengan menampilkan Kesenian Sakera Biru (KSB) dengan sekitar 80 penampil sebagai salah satu ciri khas budaya Madura di Desa Ketawang yang beranggotakan komunitas para pemuda Desa Ketawang dan dalam kesehariannya aktif sebagai penghobi sepeda ontel (klasik) juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi dengan rutinitas membantu setiap ada kegiatan di desa, juga memberikan santunan kepada sesama yang membutuhkan sebagai agenda rutin tiap minggunya,” ungkapnya.

Selain Kesenian Sakera Biru (KSB), kami juga menampilkan tim kostum karakter,

“Tim kostum karakter Desa Ketawang yang kami tampilkan, sebagai wujud aktifitas kerajinan kostum karakter yang di produksi oleh para pengrajin kostum karakter Desa Ketawang.” terangnya

Lebih lanjut disampaikannya, Pada event Pesona Gondanglegi 9 dan 10 tim kostum karakter Desa Ketawang berhasil menjadi juara 1, “Tim kostum karakter kami telah menjuarai dua event Pesona Gondanglegi, dan pernah mengikuti event kostum karakter tingkat nasional di jember sebagai juara favorit,” tuturnya

Kerajinan kostum karakter Desa Ketawang telah menembus pasar internasional, “Produksi kostum karakter oleh pengrajin Desa Ketawang sangat diminati konsumen lokal, luar kota, hingga mancanegara. Home industrinya di Ketawang timur, tepatnya di Dusun Krajan. Dilokasi tersebut para pengrajin dari berbagai lokasi dari Desa Ketawang ini berkumpul dan berkreasi menghasilkan produk yang merupakan komponen utama dalam berbagai kegiatan karnaval untuk memenuhi permintaan pasar,” pungkasnya

(sG)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest