Minggu, Mei 26, 2024

Bupati & Pimpinan DPRD Nias Teken Persetujuan Bersama P-APBD Kabupaten Nias TA.2022

Must read

Bupati Nias menghadiri Paripurna DPRD Kabupaten Nias, dalam rangka pengambilan keputusan persetujuan bersama atas pembahasan rancangan perda kabupaten Nias tentang perubahan APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan di lantai II ruang Paripurna DPRD Nias. Rabu, 31/08/2021.

Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Nias Alinuru Laoli, dan didampingi oleh Ketua I DPRD Kabupaten Nias Sabayuti Gulo serta Wakil ketua II DPRD Nias Ameyunus Zai.

Setelah masing-masing Fraksi Demokrat, Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi Hanura dan Fraksi GPS DPRD Kabupaten Nias menyampaikan pendangannya yakni dapat memahami dan menyetujui

Pada sambutan Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengucapkan terimakasih kepada dewan yang terhormat, yang telah menyampaikan pemandangan umum terhadap pengantar Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Tentang Perubahan APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022.

“Pertanyaan, saran, dan himbauan yang telah disampaikan, merupakan wujud dan kepedulian atas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah setiap tahunnya” ujar bupati nias

Adapun jawaban dan penjelasan atas pandangan umum fraksi-fraksi, antara lain:
1. Perubahan APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022 yang disebabkan oleh situasi atau keadaan yang berubah-ubah,
2. Pengalokasian anggaran untuk pelaksanaan program dan kegiatan yang belum dapat diakomodir,
3. Progress pelaksanaan kegiatan fisik tahun anggaran 2022 harus diselesaikan sebelum berakhirnya tahun anggaran 2022,
4. Penyusunan RKPD tahun 2023 yang harus diselaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan,
5. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2022 membutuhkan tambahan biaya untuk pengamanan pelaksanaan pilkades,
6. Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Kabupaten Nias, dengan melakukan koordinasi dengan General Manager PT. PLN (persero) UIW Sumatera Utara dan Manager UP3 PT. PLN (persero) Nias,
7. Pelaksanaan kegiatan perubahan APBD Kabupaten Nias tahun anggaran 2022 tepat sasaran, tepat mutu, dan tepat waktu sebelum berakhirnya tahun anggaran 2022.
8. Optimalisasi pencapaian target RPJMD,
9. Penataan Ibu Kota Kabupaten Nias, sehingga terjadi pemusatan aktivitas pemerintahan dan perekonomian di Ibu Kota Kabupaten Nias,
10. Usul pembangunan Ruas Jalam di wilayah Kabupaten Nias demi penuntasan ruas jalan di wilayah terisolir di Kabupaten Nias.

Turut hadir Wakil Bupati Nias, Ketua Fraksi dan Anggota DPRD Nias, Sekda Kabupaten Nias, Mewakili Kapolres Nias, Mewakili Dandim 0213/Nias, Aaisten Pemkab Nias, Staf ahli Bupati Nias, Pimpinan OPD Kabupaten Nias, Camat. (Herman)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article