Kamis, Mei 30, 2024

Hujan Monsun di India Akibatkan Banjir-Longsor, 15 Orang Dilaporkan Tewas

Must read

New Delhi – Hujan monsun yang melanda India telah menyebabkan terjadinya banjir dan longsor. Akibat bencana ini pejabat setempat melaporkan 15 orang tewas.

Kemudian dilansir AFP, Senin (10/7/2023) jalan di beberapa bagian ibukota terendam air setinggi lutut karena digenangi air hujan. Ini adalah curah hujan tertinggi dalam satu hari di bulan Juli dalam 40 tahun terakhir.

Sementara itu jika diperkirakan hujan lebat setidaknya satu hari lagi, maka pihak berwenang telah memerintahkan sekolah tutup di New Delhi pada hari Senin.

Menurut kantor berita Press Trust of India melaporkan hari Minggu (9/7) bahwa 15 orang tewas dalam 24 jam terakhir di enam negara bagian India utara.

Sedangkan seorang pejabat manajemen bencana Omkar Sharma menyebut negara bagian Hill terkena dampak terburuk. Bahkan dia menyebut 6 orang tewas di Himachal Pradesh, di mana tanah longsor memblokir sekitar 700 jalan.

Selanjutnya Departemen Meteorologi India memperkirakan bahwa hujan dengan intensitas lebih tinggi akan terjadi di sebagian besar India utara dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu data resmi menunjukkan hujan monsun di seluruh negeri pada minggu pertama bulan Juli telah menghasilkan curah hujan sekitar dua persen lebih banyak dari biasanya.

Musim panas membawa Asia Selatan 70-80 persen dari curah hujan tahunannya, serta kematian dan kehancuran akibat banjir dan tanah longsor.

Walaupun curah hujan sulit diramalkan dan sangat bervariasi, tetapi para ilmuwan mengatakan perubahan iklim membuat monsun lebih kuat dan tidak menentu.(H.A)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article