Jumat, April 19, 2024

Nelayan WKO Terima Bantuan Pelampung dan Sembako dari Polres Sragen

Must read

POLRES SRAGEN ,dutametro.com.–Nelayan WKO Terima Bantuan Pelampung dan Sembako dari Polres Sragen. Jajaran Kepolisian Jawa Tengah mencatat ada sebanyak 186 kecelakaan yang terjadi di perairan selama kurun waktu tahun 2022, dari jumlah itu, sebanyak 131 orang meninggal dunia, 30 diantaranya meninggal akibat tenggelam, hanyut serta terjatuh saat berlayar, 30 orang belum ditemukan, serta 4 diantaranya mengalami luka-luka.

Di Kabupaten Sragen sendiri, kecelakaan yang terjadi diperairan, khususnya di Waduk kedung Ombo (WKO) Kecamatan Sumberlawang Sragen, mencatat ada sebanyak 9 orang meninggal dunia akibat tenggelam, selama kurun waktu tahun 2022.

Data itu sebagimana disampaikan Wakapolres Sragen Polda Jateng Kompol Iskandarsyah saat memimpin acara Ikan Selayar di Waduk kedung Ombo (WKO) Kecamatan Sumberlawang Sragen mewakili Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, Rabu (08/03/2023).

Kegiatan Ikan selayar dilaksanakan secara serentak di 35 titik wisata yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Tengah, sedangkan di kabupaten Sragen, kegiatan Ikan Selayar diselenggerakan di Waduk Kedung Ombo (WKO) Sumberlawang Sragen.

Kegiatan dipimpin Wakapolres Sragen Kompol Iskandarsyah, diikuti para pejabat utama serta Kapolsek Polres Sragen, Kasi pencegahan BPBD Kabupaten Sragen Danang Hermawan, Sekcam Sumberlawang Iwan Budiyanto, jajaran TNI Koramil Sumberlawang, Kepaka Desa Ngargosari  Sriyono, serta masyarakat dan para nelayan Waduk Kedung Ombo.

Dikatakan Kompol Iskandarsyah, bahwa Program Ikan Selayar ini merupakan keprihatinan Polri, atas banyaknya tragedi yang terjadi diperairan.

Sehingga atas benyaknya tragedi itu, jajaran Kepolisian lantas turut memberikan andil dalam hal menjaga keselamatan berlayar diwilayah Jawa Tengah.

“ Kecelakaan khususnya di Waduk Kedung Ombo yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia tahun 2021, di sebabkan kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat perairan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan di saat beraktifitas diperairan, contohnya menaikan penumpang wisatawan melebihi daya, para penumpang tidak menggunakan alat keselamatan seperti peralatan pelampung saat menaiki perahu, pengemudi masih dibawah umur, serta tidak memiliki kompetensi dibidangnya, “ kata Kompol Iskandarsyah.

Lanjut Kompol Iskandarsyah, keselamatan dalam kegiatan diperairan, khususnya pelaksanaan wisata diperairan adalah kebutuhan  mutlak dan tangungjawab bersama baik dari pemangku kebijakan, operator, atau pelaku jasa wisata perairan, atau para pengunjung wisata itu sendiri.

“Untuk itu, mari bersama-sama memahami pentingnya keselamatan dalam beraktifitas wisata perairan dan menjadikanya sebagai kebutuhan khususnya pelaksanaan pemenuhan aspek dalam keselamatan, “

“Dibutuhkan kerjasama dan peran aktif dari semua pihak, agar keselamatan diperairan dapat terjamin di seluruh perairan di Jawa Tengah, sehingga berdampak pada pandangan positif bagi wisatawan, meningkatnya perekonomian masyarakat diperairan, “ tandasnya.

Atas kegiatan Ikan Selayar yang digelar jajaran Kepolisian, Kepala Desa Ngargosari Sriyono, merasa sangat berbahagia, terlebih atas bantuan 25 paket sembako yang diberikan kepada warga yang tinggal diseputaran waduk kedung ombo, serta bantuan pelampung bagi para nelayan di Desa Boyolayar Desa Ngargosari Sumberlawang Sragen.

Sriyono mengatakan, kepedulian jajaran Kepolisian sangatlah penting untuk memberikan keselamatan dan kesejahteraan para nelayan serta warga disekitar Waduk Kedung Ombo.

Dengan Program yang ditujukan bagi warga perairan ini, Sriyono, bersama-sama msyarakat serta semua pihak yang beraktifitas diperairan WKO, siap mejadi pelopor keselamatan perairan, terlebih hal ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian perairan.

(PID- Humas Polres Sragen- Polda Jateng / Vio Sari )

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article