Sabtu, April 20, 2024

Viral…! Sebuah Paku Bersarang di Paru-paru Kiri Balita, Begini Kronologisnya

Must read

Jakarta, Dutametro.com – Akibat tidak sengaja menelan sebuah paku besar sehingga bersarang di paru-parunya, seorang balita (3) di Kuba harus menjalani operasi darurat untuk menyelamatkan jiwanya.

Menurut Dr Mavil Isabel Benítez Fernández, mengatakan, “Ini adalah prosedur yang sangat berisiko,” ujar spesialis telinga, hidung dan tenggorokan yang memimpin operasi di Rumah Sakit Anak Octavio de la Concepción y de la Pedraja di Holguin.

Kemudian mengutip dari New York Post, kasus tersebut berawal dari balita malang tersebut yang memberi tahu ibunya bahwa tenggorokannya sakit. Sang ibu segera membawa putranya ke klinik setempat kemudian dilakukan penyinaran. Setelah dicek, ternyata terdapat sebuah paku yang bersarang di paru-paru kirinya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, maka balita tersebut akhirnya perlu menjalani bronkoskopi eksplorasi, yaitu operasi rumit yang melibatkan pemasangan bronkoskop 6,7 milimeter melalui laring, trakea, dan ke paru-paru untuk mengekstraksi benda asing.

Sementara itu Dr Fernández mengatakan bahwa merusak prosedur rumit seperti itu dapat mengakibatkan pendarahan, pecahnya trakea atau bronkial, henti jantung, dan bahkan kematian.

Beruntungnya, paku tersebut berhasil dikeluarkan dalam 25 menit tanpa komplikasi. Pasien kemudian dipindahkan ke ICU rumah sakit dalam kondisi stabil.

Adapun kasus ini bukan pertama kali terjadi. Beberapa waktu lalu, ahli bedah tercengang ketika menemukan sekrup di paru-paru pasien lanjut usia. Wanita Spanyol (70) itu menyadari ada yang tidak beres setelah mengalami beberapa kali infeksi pernapasan tanpa alasan yang jelas. Dia pergi rumah sakit Vithas Vigo di Pontevedra. Hasil rontgen dada menemukan ada sebuah sekrup logam berukuran 9 milimeter bersarang di paru-parunya.

Ternyata, ia tidak sengaja menelan sekrup ketika operasi perawatan gigi. Sekrup itu terperangkap di sistem pernafasannya setidaknya selama 8 bulan.

Selanjutnya dokter dapat mengeluarkan benda asing dari tubuhnya hanya dalam beberapa jam dengan forceps. Ia diberi 2 implan tulang pengganti. Implan terakhir ditempatkan dua bulan kemudian. Wanita itu kemudian dipulangkan dan pulih.

Bahaya Masuknya Benda Asing ke Paru-paru

Dikutip dari Ada, aspirasi masuknya benda asing ke organ pernapasan menimbulkan gejala seperti:

• Tersedak
• Batuk
• Kesulitan bernapas dan suara pernapasan tidak normal

Sedangkan gejala yang dialami dan tingkat keparahan kondisi tergantung pada seberapa besar sumbatan dan lokasi penyumbatan. Dalam kasus yang paling parah, aspirasi benda asing dapat mengancam jiwa. Semua benda asing di saluran pernapasan harus ditangani sebagai keadaan darurat medis.

Biasanya perawatan awal berfokus pada mengatur kemampuan orang tersebut untuk bernapas dengan benar sebelum mengangkat benda asing. Jika benda tersebut tidak diangkat, komplikasi selanjutnya dapat berupa pembengkakan dan infeksi pada area saluran udara di sekitar benda tersebut.(HA)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article