Minggu, Februari 25, 2024

Blusukan Online Warung NKRI Digital Koneksikan Kepentingan Warga dan Pemerintah

Must read

dutametro.com.-Blusukan Online Warung NKRI Digital Koneksikan Kepentingan Warga dan Pemerintah.Kepala Satgas Sinergitas Kementrian dan Lembaga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme – BNPT Laksma Joko Sulistyanto mendukung penuh pelaksanaan program Blusukan Online Warung NKRI Digital. Menurutnya, program Blusukan Online Warung NKRI Digital ini merupakan keberlanjutan eksistensi dan kemanfaatan Warung NKRI Digital bagi warga masyarakat pasca diresmikan baru-baru ini di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Kegiatan ini bagus dan saya sangat setuju. Yang diperlukan saat ini adalah keberlangsungan Warung NKRI Digital pasca diresmikan sehingga tidak behenti sampai di situ. Karena sudah digaungkan oleh pimpinan dengan disematkan sistem digital maka ini warung bukan sembarang warung,” ujar Laksma Joko dalam pesan tertulisnya, Senin (12/2/2024) di Jakarta.

Dia juga menambahkan, pihaknya selaku Kepala Satgas Sinergitas akan memadukan kegiatan Warung NKRI Digital ini dengan berbagai lembaga. “Kekuatan sinergitas antar kementrian dan lembaga akan kita padukan sehingga bisnis perdagangan dan pelatihan melalui Warung NKRI Digital akan lebih masif dilakukan. Kegiatan sinergitas dengan kementrian dan lembaga juga tentang sosialisasi knowledge, komoditi pertanian dari pusat sampai ke daerah atau sebaliknya,” urai Joko yang juga menjabat Direktur Perangkat Hukum Internasional BNPT.

Sebanyak 37 Warung NKRI Digital yang tersebar di seluruh Indonesia kini mulai aktif menggelar kegiatan Blusukan Online. Kegiatan Blusukan Online Warung NKRI Digital ini sebagai tindaklanjut kerjasama antara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme – BNPT dan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi & Komunikasi -KPTIK.

Jadi menurut Joko, dengan menerapkan sistem digital maka Warung NKRI Digital ini bisa terkoneksi ke seluruh Indonesia. “Kita jalan-jalan di dunia maya namun ada yang kita tuju yakni warung NKRI Digital. Bisa satu persatu didatangi. Kita sambangi dan tanyakan soal bisnisnya. Kita di pusat memadukan bisnis yang satu dengan yang lain sehingga semua makin kuat,” ungkap Joko.

Dalam blusukan online ini, lanjut Joko, akan ada pelatihan-pelatihan atau kursus ketrampilan di beberapa bidang usaha. “Blusukan online dengan program pelatihan ketrampilan digital harus segera direalisasi karena kemarin sudah diserahkan beasiswa kepada sejumlah anak muda di Klaten. Kursus ketrampilan sesuai bisnis yang akan dipilih oleh penerima beasiswa,”ujar Joko.

Ia mencontohkan, materi pelatihan bisa dipilih tentang menjadi barista profesional yang mengolah kopi sesuai andalan masing-masing daerah, sehingga usaha kopi yang akan dijalankannya tidak kalah dengan warung kopi profesional lainnnya.

“Bentuk pelatihan lain masih banyak lagi, termasuk cara mengemas produk agar bisa diterima pasar duni. Sehingga Warung ini bisa menjadi icon kuliner dan bisnis. Bisa jadi kolaborasi dengan potensi desa seperti desa wisata. Bench mark yang sudah ada bisa diperkuat. Misalkan warung makan sunda, bisa kita rancang blusukan online dengan menghadirkan chef handal yang melatih cara mengolah masakan yang enak sekelas hotel bintang lima,” terangnya.

Menariknya, untuk mendukung operasional Warung NKRI Digital, pihak BNPT sudah menjalin kerjasama dengan PPOB (Payment Point Online Bank) dari banyak Pihak Penyedia dan pembayaran Digital Melalui QRIS selain Sistem Stock dengan POS (Point of Sales) sehingga semua transaksi tercatat dan memudahkan pengguna.

Lebih lanjut dijelaskannya, brand lokal yang dikembangkan oleh masing-masing pelaku usaha Warung NKRI Digital dapat menggunakan brand masing-masing atau menggunakan brand Warung NKRI.

“Yang terutama dari seluruh kegiatan ini adalah narasi tentang menjaga persatuan dan kesatuan, serta pencegahan penyebaran paham radikalisme, intoleransi, dan ekstrimisme harus terus digaungkan. Jadi kegiatan diseminasi dan sosialisasi penting agar agar masyarakat tidak mudah terpapar paham-paham tersebut,” pungkas Joko.

Sementara itu sebagai wujud dukungan terhadap program kerakyatan Warung NKRI Digital, Direktur PT CDM selaku penanggungjawab Guetilang dan juga Ketua Umum DPP SPRI Hence Mandagi akan melaksanakan Blusukan online di Warung NKRI Digital dengan mengadakan Pelatihan Pers bagi Citizen Journalism. “Pelatihan ini untuuk memberdayakan masyarakat dan pelaku usaha agar dapat memaksimalkan prannya dalam rangka mempromosikan usaha dan potensi lokal melalui pemberitaan di media online Guetilang. Dengan cara ini potensi lokal akan memiliki akses untuk dipromosikan secara luas ke masyarakat nasional dan internasional,” ujar Mandagi yang juga menjabat Ketua LSP Pers Indonesia.

Seperti diketahui saat ini BNPT telah memiliki 37 Jaringan Warung NKRI Digital yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Papua, dan dari Miangas sampai Pulau Rote. Kepala BNPT Komjen Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si telah meresmikan langsung Peluncuran Warung NKRI Digital di Desa Kahuman, Klaten pada Rabu, (7/2/2024) lalu. ***

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article